Pages

Rabu, 09 September 2009

Orang Gilamu

Baru tadi pagi (15/7) aku melihat sesosok orang gila di jalan, tubuhnya kumel kotor dan juga kulitnya yang penuh luka akan gatal-gatal entah apapun namanya itu, dia menghampiri dan menjulurkan tangannya kepadaku...

"Kupikir ada apa?" Ternyata dia meminta sebatang rokok kepadaku, dan "sontak" aku tertawa..kecil dan tersenyum.. "Monggo pak" sambil aku ambil rokok untuk dirinya.
Lalu tanpa basa-basi lagi dia menghirup segelas kopi... Dengan tiba-tiba si Ibu yang pemilik warung tersebut membentaki.."..Hei bego lu..!! itu kopi orang tolol..!! pergi sana..!!" si Ibu marah dan memaki dia.  Aku bilang,"Ibu.. biarin saja." Lalu kubawa orang gila itu ke pojok lalu kusuruh duduk. "Bapak mau kopi...?" Si Bapak yang gila itu tersenyum. Dan kusuruh ibu warung tersebut membuat segelas kopi... diminumlah kopi tersebut..dan dia tersenyum... Senyuman polos yang belum pernah kulihat sebelumnya... senyuman bercampur kesedihan...


Lalu aku berpikir.. pasti orang ini gila karena masalah yang sangat berat yang dipikulnya dan dia menjadi stres mungkin karena harta bendanya disita dan istri dan anaknya meninggalkannya..atau juga bisa dikarenakan hal lain....

Lamunanku terkaget oleh..suatu suara..,."Pak..pak... udah biarin aja dia suka begitu...cuekin aja nanti juga dia pergi..!" Aku bilang.." Ya sudah bu..biarkan saja.. toh saya sambil menunggu bus kok."
Aku melamun kembali...apakah aku harus peduli... tentu dia juga manusia yang butuh perhatian dan juga manusia yang butuh kasih sayang. Mungkin orang-orang akan jijik memandangnya karena dekil, kumel..dan lusuh..., tapi bukan berarti mereka hina... mereka juga tidak mau seperti itu... mereka tidak ingin menjadi gila. Apakah ini takdir dari Tuhan..? Hanya "Sang Kuasa" yang tau jawabannya ... aku hanya bisa "berbagi" dengan para pembaca saja....

0 comments: